Kamis, 13 Desember 2012

Etika Keprawatan


TEORI ETIKA

Dalam sejarah filsafat terdapat banyak sistem etika, artinya banyak uraian sistematis yang berbeda-beda tentang hakikat moralitas dan peranannya dalam hidup manusia.

1.      Hedonisme
Filsafat Yunani hedonisme sudah ditemukan pada Aristippos dari Kyrene (sekitar 433-355s.M.), Seorang murid Sokrates. Yang sunggyuh baik bagi  manusia adalah kesenangan. Bagi Aristippos kesenangan itu bersifat badani belaka, karena hakekatnya tidak lain daripada gerak dalam badan. Kesenangan harus dimengerti sebagai kesenangan aktual, bukan kesenangan dari masa lampau dan kesenangan di masa mendatang. Yang penting adalah mempergunakan keenangan dengan baik dan tidak membiarkan diri terbawa olehnya.
Filsuf  yunani lain yang melanjutkan hedonisme adalah Epikuros 341-270 s.M yang memimpin sebuah sekolah filsafat di Athena.Menurut Epikuros kita harus memendang kehidupan sebagai keseluruan termasuk juga masa lampau dan masa depan.
1.1.      Tinjauan Kritis
1.1.1        Manusia menurut kodratnya mencari kesenangan dan berupaya menghindari ketidaksenangan. Para hedonis selalu bisa mengatakan bahwa mencari kesenangan adalah motivasi terakhir.
1.1.2        Secara logis hedonisme harus membatasi diri pada suatu etika deskriptif
saja. Dan tidak boleh merumuskan suatu etika normatif.
1.1.3        Kesenangan tidak merupakan suatu perasaan yang sujektif belaka tanpa
acuhan subjektif apapun.
1.1.4        Jika dipikirkan secara konsekuen, hedonisme mengandung suatu egoisme, egoisme disini adalah egoisme etis atau egoisme yang mengatakan bahwa saya mempunyai kewajiban moral membuat sesuatu yang lain daripada yang terbaik bagi diri saya sendiri.

1.2.   Penutup
Tendensi hedonitis terutama tampak dalam suatu filsafat moral Inggris. Filsuf Inggris, John Locke (1632-1704).
2.      Eudemonisme
       Menurut aristoteles, Dalam bukunya ethika nikomakheia,bahwa dalam setiap kegiatannya manusia mengejar suatu tujuan. Semua orang akan menyetujui bahwa tujuan tertinggi ini adalah dalam terminologi modern, karena dengan kebahagiaan mereka mengerti banyak hal yang berbeda-beda. Dan sesorang akan mencapai tujuan terakhir dengan menjalankan fungsinya dengan baik.
       Keberanian adalah keutamaan yang memeilih jalan tengah antara sikap gegabah dan sikap pengecut, kemurahan hati adalah keutamaan yang mencari jalan tengah antara kekikiran dan pemborosan. Keutamaan yang menentukan jalan tengah (kebijaksanaan praktis).Manusia adalah baik dalam arti moral, jika selalu mengadakan pilihan-pilihan rasional yang tepat dalam perbuatan-perbuatan moralnya dan mencapai keunggulan dalam penalaran intelektual.
2.1. Tinjauan Kritis
2.1.1 Pemikirannya tentang keutamaan adalah bagian paling menarik dalam           etika Kerendahan hati misalnya, merupakan keutamaan yang berasal dari tradisi lain dan belum bisa diharapkan.
2.1.2   Secara rasional lembaga perbudakan karena mempunyai pendapat bahwa manusia menurut kodratnya adalah budak.
2.1.3   Keutamaan lebih cocok untuk menilai kadar moral seseorang berdasarkan perbuatan-perbuatannya, termasuk juga hidup moralnya sebagai keseluruhan.


3. Utilitarisme
3.1. Utilitarisme Klasik
Bentham mulai dengan menekankan bahwa umat manusia menurut kodratnya ditempatkan dibawah pemerintahan yaitu: ketidaksenangan dan kesenangan. Kodratnya manusia menghindari ketidaksenangan dan mencari kesenangan.Kebahagiaan tercapai, jika memeiliki kesenangan dan bebas dari kesusahan. Karena menurut kodratnya tingkah laku manusia terarah pada kebahagiaan, maka suatu perbuatan dapat dinilai baik.
Moralitas suatu tindakan harus ditentukan dengan menimbang kegunaannya untuk mencapai kebahagiaan umat manusia. Bentham sampai pada the principle of utility yang berbunyi: the greatest happiness of the greatest  number,”kebahagiaaan terbesar dari jumlah orang terbesar”.
Bukan saja the greatest number tapi  juga the greatest happines dapat diperhitungkan. Utilitarisme diperhalus dan diperkukuh lagi oleh filsuf Inggris besar, John Stuart Mill (1806-1873), dalam bukunya utilitarianism (1864). Dari pendapatnya yang pertama kesenangan manusia harus dinilai lebih tinggi daripada kesenangan hewan, tetapi kualitas kebahagiaan dapat diukur jiga secara empiris yaitu kita harus berpedoman pada orang yang bijaksana dan berpengalaman. Yang kedua kebahagiaan yang menjadi norma etis adalah kebahagiaan semua orang yang terlibat dalam suatu kejadian, bukan kebahagiaan satu orang saja yang barang kali bertindak sebagai pelaku utama. Dengan demikian suatu perbuatan dinilai baik, jika kebahagiaan melebihi ketidakbahagiaan, dimana kebahagiaan semua orang yang terlibat dihitung dengan cara yang sama.
3.1.1 Tinjauan Kritis
Salah satu kekuatan utilitarisme adalah bahwa mereka menggunakan sebuah prinsip jelas dan rasional. Dengan mengikuti prinsip ini pemerintah mempunyai pegangan jelas untuk membentuk kebijakan dalam mengatur masyarakat.
3.1.1.1. Keberatan yang di kemukakan terhadap hedonisme untuk
sabagian berlaku  juga bagi utilitarisme. Utilitarisme tidak
lagi mengambil sebagai titik acuan pelaku individual saja
melainkan umat manusia sebagai keseluruhan.
3.1.1.2. Prinsip kegunaan bahwa suatu perbuatan adalah baik juga
menghasilkan kebahagiaan terbesar untuk jumlah orang
terbesar, tidak selamanya benar. Dalam sistem utilitarisme
tidak ada tempat untuk paham “hak”. Padahal, hak
merupakan suatu kategori moral yang amat penting.
3.1.1.3   Keberatan lain lagi adalah bahwa prinsip kegunaan tidak
memberi jaminan apa pun bahwa kebahagiaan dibagi juga
dengan adil. Menurut utilitarisme dari segi etis masyarakat
seperti itu telah diatur dengan baik.
3.2. Utilitarisme Aturan
Utilitarisme adalah membedakan antara dua macam utilitarisme tersebut yaitu utilitarisme perbuatan dan utilitarisme aturan. Menurut filsuf seperti Richard B. Brandt melangkah lebih jauh lagi untuk mengusulkan agar aturan moral satu demi satu, melainkan sistem aturan moral sebagai keselurahan akan diuji dengan prinsip keegunaan. Kesulitan utama timbul, jika akan terjadi konflik antara dua aturan moral tersebut.
4. Deontologi
       Deontologi adalah memandang suatu sistem etika yang tidak mengukur baik tidaknya suatu perbuatan berdasarkan hasilnya, semata-mata berdasarkan maksud si pelaku dalam melakukan perbuatan tersebut.

4.1.Deontologi Menurut I. Kant
Menurut Kant, yang bisa disebut baik dalam arti sesungguhnya hanyalah kehendak yang baik. Semua hal lain disebut baik secara terbatas atau dengan syarat. Yang menciptakan sistem moral ini adalah filsuf besar dari Jerman, Immanuel Kant (1724-1804).
                        Langkah berikut dalam pemikiran moral Kant adalah menyimpulkan suatu otonomi kehendak. Manusia itu bisa disebut legislator moral bagi dirinya sendiri. Hal itu tentu tidak boleh dimengerti tentang manusia perorangan, karena setiap manusia membuat hukum moral sendiri-sendiri.

4.1.1.Tinjuan Kritis
Inti dari deontologi ini sangat cocok dengan pengalaman moral kita, terutama sebagaimana tampak dalam hati nurani kita masing-masing.








1 komentar:


  1. Aslamu alaikum wr wb..
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 400juta dan di bank totalnya 550 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 4 orang masih sekolah di SMP / SMA dan juga anak sementara kuliah,tapi ISTRI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya
    tapi selama satu minggu saya berpikir saya membuka INTERNET UNTUK mencari BANTUAN akhirnya saya dapat WEBSITE BELIAU



    >>>KLIK DISINI<<<

    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKY BROMO di No. 0852-8895-8758
    Semua petunjuk AKY BROMO saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
    Alhamdulilah Demi AllAH SWT. dan anak saya,
    akhirnya 4 M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih AKY BROMO saya tidak akan melupakan jasa AKI.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
    SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan Ki BROMO hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya jika mau seperti saya SILAHKAN HUB AKy BROMO
    DI NO _ _ _ 0852-8895-8758 _ _ _

    >>>BANTUAN DARI KI BROMO<<<

    1.SEPASANG UANG BERKHODAM

    2.DANAH HIBAH

    3.DANAH GHAIB

    4.PENGGANDAAN UANG

    5.UANG BALIK

    6.PEMIKAT LAWAN JENIS

    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)

    8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL


    >>>KLIK DISINI 2D 3D 4D 5D 6D<<<

    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya semua bisa terlunasi dan punya modal untuk Buka usaha lagi,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BROMO di nomor 0852-8895-8758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda BUKTIKAN

    >>>>>>>ANDA JUGA BISA MENANGKAN MELALUI ANGKA-ANGKA TOGEL<<<<<<<


    ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/


    ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/



    ANGKA RITUAL; MALAYSIA 2D/3D/4D/6D/



    ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/



    ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



    ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/



    SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN
    BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI : AKI BROMO

    TLP / 0852-8895-8758

    INGAT...!!! JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN YANG ADA,,,
    SEBAB KESEMPATAN TIDAK MUNGKIN DATANG KE 2 KALINYA...


    >>>>>>>>KISAH NYATA DARI SAYA<<<<<<<<





    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Popular Posts

Blogger news

Resources

Blogger templates

Code CBox milik sampeyan
Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini
close

Followers


Recent Comments